Kamis, 20 Agustus 2009

Adab & Keutamaan Hari Jum'at

Seringkali umat muslim menganggap hari Jum'at sama dengan hari-hari yang lainnya. padahal banyak sekali riwayat hadits yang menjelaskan istimewanya hari Jum'at..

Keutamaan (Fadhilah) Hari Jum'at:

"Sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jum'at, pada hari itulah Adam diciptakan dan pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu pula ia dikeluarkan dari surga. Kiamat pun tidak akan terjadi melainkan pada hari Jum'at" (Shohih, HR. Muslim, Abu Daud, Nasa'i, Tirmidzi)

Apa saja yang disunnahkan untuk kita lakukan pada hari Jum'at?

1. Banyak berdo'a
"Pada hari Jum'at, ada satu saat dimana tidak seorang muslim pun yang memohon suatu kebaikan kepada Allah di saat itu melainkan Allah pasti akan mengabulkan permohonannya, dan itu adalah sesudah sholat Ashar" (HR. Ahmad, Shohih)

2. Banyak baca sholawat
"Harimu yang paling utama adalah hari Jum'at .. karena itu perrbanyaklah membaca sholawat atasku, karena sesungguhnya bacaan shalawatmu akan disampaikan kepadaku.." (Shohih, HR. Bukhori, Muslim, Abu Daud, Nasa'i)

3. Membaca Surat Al-Kahfi
"Barang siapa membaca surat Kahfi pada hari Jum'at, maka ia akan diberi cahaya yang dapat meneranginya diantara dua hari Jum'at" (Shohih, HR Nasa'i, Baihaqi, dan Hakim)

4. Mandi dan berdandan.
"Adalah kewajiban atas setiap muslim untuk mandi, memakai wangi-wangian, dan memakai siwak pada hari Jum'at" (Shohih, HR. Ahmad)

5. Bersegera menuju ke masjid
"Sesungguhnya manusia itu di hari kiamat akan duduk beurutan menurut kesegaraan mereka dalam pergi ke masjid untuk sholat Jum'at, yakni yang pertama, kedua, ketiga, keempat, sedangkan yang keempat itu tidaklah jauh dari Allah" (Shohih, HR. Ibnu Majah)

6. Sholat sunnah sebelum masuk waktu sholat Jum'at.
"Barangsiapa yang mandi pada hari Jum'at dan datang ke masjid untuk sholat Jum'at, kemudian sholat sunnah semampunya, kemudian mendengarkan khutbah hingga selesai, kemudian sholat berjama'ah, maka diampunilah dosa-dosanya yang ada di antara Jum'at itu dan Jum'at berikutnya dan ditambah lagi tiga hari" (Shohih, HR. Muslim)

dan beberapa hal lain yang dapat kita lakukan sesuai dengan sunnah Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam. Semoga kita semua bisa melaksanakannya dengan istiqomah. Amiin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar