Jumat, 31 Juli 2009

Mutiara Kalam Penuh Hikmah

Mutiara Kalam

Tiada bekal yang lebih utama daripada takwa. Tiada sesuatu yang lebih baik daripada diam. Tiada musuh yang lebih berbahaya daripada kebodohan. Tiada penyakit yang lebih parah daripada berbohong.
[Al-Imam Ja'far Ash-Shodiq ]

Jika engkau mendengar suatu kalimat dari seorang muslim, maka bawalah kalimat itu pada sebaik-baiknya tempat yang engkau temui. Jika engkau tak mampu untuk mendapatkan wadah tempat kalimat tersebut, maka celalah dirimu sendiri.
[Al-Imam Ja'far Ash-Shodiq]

Tidaklah hati seseorang dimasuki unsur sifat sombong, kecuali akalnya akan berkurang sebanyak unsur kesombongan yang masuk atau bahkan lebih.
[Al-Imam Muhammad Al-Baqir]

Fugaha itu orang yang memegang amanah para rasul, selama tidak masuk ke dalam pintu-pintu penguasa.
[Al-Imam Ja'far Ash-Shodiq]

Peraslah dirimu dengan mujahadah, sampai keluar darinya minyak kejernihan.
[Al-Imam Abdullah Al-Aidrus]

Barang siapa mengenal Allah, maka ia akan merasakan hidup (yang sebenarnya). Barangsiapa mencintai dunia, maka ia akan kehilangan akal. Orang yang berakal, ia akan selalu mawas diri. Sedangkan orang yang bodoh, ia akan berkelana siang dan malam tanpa ada gunanya.
[Asy-Syeikh Sary As-Saqathy]

Saya berpesan kepada diri saya sendiri dan kepada saudaraku agar senantiasa bersikap rendah hati, terutama terhadap Allah serta hamba-hamba-Nya yang beriman, berlapang dada dan membersihkan hati dari rasa dendam, dengki dan permusuhan terhadap siapa pun di antara kaum muslimin.
[Al-Habib Abdullah bin Alwi Alhaddad]

Kefahaman itu cahaya yang bersinar di dalam hati dan tidak akan mendapatkannya kecuali dengan cara duduk bersama orang-orang yang sholeh dan mempelajari kitab-kitab mereka.
[Al-Habib Ahmad bin Zain Alhabsyi]

Apabila seseorang merasakan hatinya susah atau anggota badannya terasa malas untuk melakukan amal kebajikan, maka lihatlah atau bacalah kalam para salaf, agar hilang perasaan susah dan rasa malas yang ada pada dirinya.
[Al-Habib Ahmad bin Hasan Al-Atthas]

Janganlah kamu mengunjing terhadap muslim manapun, atau menjelek-jelekkannya di belakangnya, atau memata-matainya, atau mencari-cari kesalahannya, sebab semua itu dapat menimbulkan kemurkaan Allah terhadap dirimu sendiri.
[Al-Habib Abdullah bin Alwi Alhaddad]

Bawalah dirimu senantiasa berkumpul dengan orang-orang yang sholeh dan biasakanlah berperilaku sebagaimana perilaku mereka. Ambillah manfaat dari perbuatan-perbuatan dan perkataan-perkataan mereka.
[Al-Habib Abdullah bin Husin Bin Thohir Ba'alawy ]

Ilmu apabila masuk dalam hati dinamakan nuur (cahaya), akan tetapi jika masuk ke dalam hawa nafsu dinamakan naar (api).
[Al-Habib Abdullah bin Alwi Alhaddad]

Jika dakwah dilakukan dengan penuh kasih sayang, maka hati yang diterangi cahaya iman akan memperoleh manfaat, dan nafsu akan bertekuk lutut.
[Al-Habib Hasan bin Sholeh Al-Bahr]

Perhatikanlah kebaikan-kebaikan manusia, maka Allah akan mencurahkan kebaikan-kebaikan kepadamu.
[Al-Habib Hamid bin Umar Hamid]

Barangsiapa duduk bersama sholihin, maka bertambah keinginannya untuk berbuat kebaikan.
[Asy-Syeikh Fadhl]

Setiap orang yang tidak mau mendengarkan nasihat dan peringatan Al-Qur'an, dan yang hatinya tidak menjadi khusyuk ketika menerima peringatan dan penjelasan, maka yang seperti itu adalah orang yang lemah imannya dan hatinya berpenyakit.
[Al-Habib Abdurrahman bin Abdullah Bilfagih]

Seorang yang cerdas dan berpikiran sehat adalah yang mengelola amal-amalnya sehingga semua kegiatannya menjadi sempurna.
[Al-Habib Muhammad bin Abdullah Al-Aidrus]

Perbanyaklah membaca Al-Qur'an, dengan penuh khusyuk dan tadabur (merenungi maknanya), dan sering-seringlah berdzikir secara rutin dengan penuh konsentrasi dan kehadiran hati.
[Al-Habib Abdullah bin Alwi Alhaddad]

Sedikit dari amalan batiniah lebih baik dari lautan amalan lahiriah.
[Al-Imam Abdurrahman As-Saggaf]

Semoga kita dapat meneladani akhlak dan tingkah laku para Auliya ALLAH,sbb itu jalan menuju ALLAH SWT dan RasulNya SAW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar