Jumat, 31 Juli 2009

"SURODIRO JOYONINGRAT, LEBUR DENING PANGASTUTI"

Ini arti dari kata-kata yang daku penggal menjadi beberapa kalimat dan yang bisa daku mengerti.

Suro = Keberanian.

Dalam diri manusia, mempunyai sifat keberanian. Entah itu berani karena benar, berani karena jaga image, berani karena sok jago atau berani yang lain. Sifat ini sangat sebenarnya bagus tapi kalau sudah melanggar dari aturan-aturan ya sama aja boong.

Diro = Kekuatan.

Manusia mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa. Apalagi bila dalam keadaan terdesak maka kekuatan yang akan timbul bisa lebih besar lagi dari biasanya. Akan tetapi, sekarang ini banyak manusia yang hanya mengandalkan kekuatannya sehingga menimbulkan kerusakan dimana-mana. Hal ini nantinya akan berdampak kurang baik bagi siapapun juga termasuk yang menggunakan kekuatan secara berlebihan.

Joyo = Kejayaan.

Sebagian dari kita mungkin pernah merasakan bagaimana rasanya apabila kita selalu menjadi yang terdepan, kita selalu menjadi yang terbaik diantara yang lainnya. Nantinya apabila ini menjadi berlebihan maka kita akan menjadi sombong, pongah, dan menjadi manusia yang tidak ingin kalah. Bukankah mengalah tidak selamanya kalah?

Ningrat = bergelimang dengan kenikmatan duniawi

Ningrat disini mungkin bisa diartikan bahwa kita berkecukupan namun itu tidak menjadikan kita sebagai manusia yang rendah hati. Kita menjadi takabur akan kemewahan yang kita miliki sehingga melupakan yang lainnya.

Lebur = Hancur, Musnah

Lebur artinya dilebur atau dimusnahkan atau dihancurkan. Ini mempunyai arti sesuatu yang nantinya akan dihancurkan.

Dening = Dengan

Pangastuti = Kebijaksanaan, Kasih Sayang, Kebaikan


Kata-kata yang mendasari kalimat "Surodiro Joyoningrat, Lebur Dening Pangastuti" ternyata semuanya mengandung sifat-sifat yang ada di dalam diri manusia. Bila dicermati lagi, disitu kita berada dalam posisi yang selalu di atas angin, menang sendiri.

Untuk arti dari keseluruhan kalimat "Surodiro Joyoningrat, Lebur Dening Pangastuti adalah Semua Keberanian, Kekuatan, Kejayaan, dan Kemewahan yang ada di dalam diri manusia akan dikalahkan oleh Kebijaksanaan, Kasih Sayang, dan Kebaikan yang ada di sisi lain dari manusia itu sendiri.

Semua tulisan diatas tidak ada maksud apa-apa hanya sekedar iseng menulis ajah jadi jangan ditanggapi serius yap

9 komentar:

  1. *" SURO DIRO JOYO NINGRAT LEBUR DENING PANGASTUTI "* Semua angkara murka atau tindak kejahatan akan kalah oleh Keluhuran Budi *~NGLURUG TANPO BOLO,MENANG TANPO PERANG~*

    BalasHapus
    Balasan
    1. nglurug tanpo bolo menang tan ngasorake...

      Hapus
    2. nglurug tanpo bolo menang tan ngasorake...

      Hapus
  2. Puaja Puji Panghastuti
    Dumadi dadi Kerso dalem GUSTI

    BalasHapus
  3. "Sing sapa nandur,
    bakale ngundhuh,
    utang bakale nyaur,
    nyilih bakale
    mbalek-ake,
    gawe bakale nganggo".

    Sugih tanpo bondho,
    sekti tanpo pusako,
    ngluruk tanpo bolo,
    menang tanpo ngasorake

    Sopo sing suci,
    adoh saka bebaya pati

    BalasHapus
  4. Kiranya sangat patut untuk diteladani/dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari apa yang telah diwariskan oleh para leluhur kita

    BalasHapus
  5. Lagi nyimak.. Biar tau apa yang belum aku ketahui maksudnya. :)

    BalasHapus