Selasa, 11 Agustus 2009

Catatan Teman Saya Catatan Saya|Catatan Tentang Saya Tulis Catatan Baru :: Karena ALLAH atau karena RUMPUT ::

Karena Allah atau Karena Rumput?






Ketaatan dan kedurhakaan adalah dua hal yang bertolak belakang. Keduanya merupakan tanda bahwa Allah SWT memberi pahala dan siksa. Siapa yang oleh Allah diinginkan kebahagiannya, maka pasti Allah SWT akan menakdirkannya untuk melakukan ketaatan. Dan yang diinginkan kesengsaraannya, maka Allah SWT akan menciptakan maksiat kepadanya.



Semua perbuatan baik dan buruk merupakan ciptaan Allah SWT, karena memang Allah SWT menciptakan seseorang dan segala perbuatan yang dilakukannya. Allah SWT berfirman, “Dan Allah menciptakan kamu serta apa yang kamu perbuat.” (QS. Ash-Shafat [37]: 96).



Maka, manfaat dan bencana yang kita terima berasal dari Allah SWT, oleh karena itu kisah Nabi Musa as ini mungkin bisa untuk kita jadikan renungan.



Diceritakan bahwa Nabi Musa as. pernah mengeluh kepada Allah SWT karena menderita sakit gigi. Maka Allah SWT memerintahkan: “Ambillah rumput orang itu dan letakkan pada gigimu!” Lalu Nabi Musa as. melakukan apa yang telah diperintahkan Allah SWT, sehinga sakitnya mereda seketika. Kemudian setelah beberapa saat, sakit gigi yang dialami Nabi Musa as. kambuh lagi. Maka Nabi Musa as. mengambil kembali rumput itu dan meletakkan pada giginya. Ternyata yang terjadi bukan sakitnya berkurang, melainkan bertambah parah beberapa kali lipat. Merasa sakitnya makin parah, Nabi Musa as. pun mengadu kembali kepada Allah SWT: “Ya Tuhanku, bukankan engkau menyuruhku melakukan ini dan telah menunjukkan aku padanya?”



Allah SWT menjawab: “Hai Musa, Akulah yang menyembuhkan dan Akulah yang menyehatkan. Aku yang memberi bencana dan akulah yang memberi manfaat. Engkau menuju kepada-Ku untuk yang pertama, lalu aku hilangkan penyakitmu. Sekarang engkau menuju rumput dan tidak menuju kepada-Ku.”



Disarikan dari kitab Nuruzh-Zhalâm karya Syekh Nawawi Al Bantan




--

visit www.sigitwahyu.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar