Sabtu, 08 Agustus 2009

nesehat...untuk kita

Berbicaralah kepada orang tua dengan adab. Dan jangan lah engkau membentak keduanya. Dan ucapkanlah perkataan yang mulia

Taatilah kepada orang tuamu selain dalam perkasa maksiat. karena tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam rangka maksiat kepada Allah. Berlaku lembutlah kepada keduanya, janganlah bermuka masam dan jangan melihat dengan marah.

Jagalah nama baik, kehormatan, dan harta kedua orang tuamu. Jangan engkau mengambil tanpa ijinnya. lakukanlah apa yang menyenangkan keduanya walau tanpa perintah keduanya, sepertinya membantu pekerjaan, belanja keperluan ,dabn bersungguh dalam belajar.

Bermusyawarahlah dengan kedunya dalam semua perkerjaan.

Penuhi pangilan kedunya dengan cepat disertai wajah penuh senyuman.

Muliakan tamu mereka dan kerabat mereka ketika mereka hidup dan setelah wafat. jangan kau debat dan jangan salah-salahkan mereka.

Jangan kau lawan mereka. Dan jangan tinggikan suaramumelebihi suara mereka. Diamlah kalau mereka berbicara. Jangan engkau membentak.

Sambutlah kedua orang tuamu kalau mereka datang dan kecuplah kening keduanya. Bantulah ibumu di rumah dan jangan terlambat membantu ayahmu.

Jangan kau pergi kalau keduanya tidak mengijikan walaupun untuk urusan yang penting. Jika kau terpaksa mintalah, undzur kepada mereka.

Jangan kamu masuk kedalam kamar keduanya tanpa seijin keduanya.

Jangan mengambil makanan sebelum mereka. Muliakan mereka dalam makan dan minum. Jangan mendustai keduanya. Jangan engkau cela bila keduanya berbuat yang tidak menyenangkanmu.

Jangan kau lebih memuliakan istri dan anak-anakmu melebihi mereka. Mintalah keridlaan mereka dalam segala sesuatu. Karena ridla keduanya adalah juga keridlaan Allah dan kemurkaan keduanya adalah kemurkaan Allah.

Jangan engkau membangga-banggakan jabatanmu kepada ayahmu, walau engkau menyandang jabatan yang tinggi. Hati-hatilah kalau kamu sampai mengingkari kebaikan kedunya atau menyakiti mereka walau dengan sepatah kata.

Jangan bakhil dalam memberi nafkah kepada kedua orang tuamu hingga akibatnya mereka mengadu kepadamu. Ini suatu aib bagimu. Dan itu akan engkau lihat dan alami pada anak-anakmu. Sebagai engkau besikap, seperti itu juga engkau akan disikapi.

Seringlah mengunjungi dan memberi hadiah kepada keduanya. berterimakasihlah kepada mereka karena telah mengasuhmu dengan susah payah.

Manusia yang paling berhak untuk engkau utamakan adalah ibumu kemudian ayahmu. Dan ketahuilah bahwa Surga berada dibawah telapak kaki ibu.

Hati-hati jangan sampai engkau durhaka kepada mereka. Dan jangan membuat meraka merah-marah, karena engkau dan celaka di dunia dan di akhirat. Dan anakmu kelak akan menyikapimu seperti terhadap orang tuamu.

Bila engkau meminta sesuatu kepada mereka mintalah dengan lembut. Dan monhon maaflah kalau vi beri, janganlah banyak meminta. Jika kamu mampu mencari rejeki diwaktu pagi, kerjalah dan batulah mereka.

Sesungguhnya kedua orang tuamu memiliki hak atasmu.Dan istrimu juga.Berilah setiap yang berhak akan hanya. Usahakan merukunkan keduanya bila berselisih. Jika kedunya bertengkar dengan istrim, jadilah orang yang bijaksana dan pahamkan istrimu bahwa engkau di pihak kalau bila benar dan engkau terpaksa agar kedunya ridla.

Jika istrimu berselisih dengan orang tuamu dalam masalah nikah dan talak, maka berhukumlah dengan syariat karena itu sebaik-baik pembantu kalaian.

Do'a orang tua terkabul dalam perkara yang baik maupun yang jelek, maka hati-hatilah terhadap do'a jelek mereka.

Beradaplah terhadap manusia, karena siap yang mencela manusia, di juga akan mendapat cela dari neraka.

Kunjungilah kedua orang tuamu ketika masih hidup. Pebanyaklah Berdoa untuk mereka dengan mengucap : Wahai Rabbiku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Wahai Robbiku , rahamtilah keduanya sebagaimana mereka mendidikku diwaktu kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar